Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster Lengkap - Hamster yang lucu dan mungil ini memiliki perawatan yang perlu kita perhatikan. Karena dalam merawat hamster ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Seperti kebersihan,kesehatan hamster,persoalan makanan dan yang lainnya. Sebagai pemilik hamster,tentunya kita tidak boleh lengah bila hamster kita sakit atau ada kutu di bulu hamster. Ciri ciri hamster yang terkena kutu di bulu sendiri adalah hamster suka menggaruk atau menggesek pada tubuh di kandang.

Kulit terlihat merah karena iritasi hingga menyebabkan bulu bulu hamster rontok. Nah,dari tanda-tanda berikut kita sudah bisa mengetahui bagaimana tentang Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster salah satunya adalah memandikan hamster dengan pasir khusus yang bernama pasir zeolite. Karena hamster tidak bisa terkena air,sebaiknya dimandikan dengan pasir.

Baca Juga : Cara Memandikan Hamster 

Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster

Cara Menghilangkan Kutu Hamster

1. Memandikan Hamster
Memandikan hamster hingga bersih adalah salah satu solusi pertama yang bisa kita lakukan. Karena kutu yang menempel bisa bersih bila dimandikan dengan pasir. Biarkan hamster berguling guling di pasir yang anda sediakan. Kalau bisa taruh di ember atau tempat besar,agar hamster leluasa mandi. Dengan begitu kutu akan hilang walaupun mungkin sedikit hilang. Tak ada salahnya mencobanya bukan?

2. Bersihkan Kandang Hamster
Faktor lain yang perlu kita perhatikan adalah membersihkan kandang hamster. Faktor kandang hamster yang kotor akan membuat kutu senang menempel kepada hamster kesayangan kita. Nah,maka dari itu kami sarankan untuk tetap membersihkan kandang hamster setiap hari. Atau saat sudah timbul bau bau menyengat,anda bisa langsung membersihkannya.


3. Menyiapkan Beberapa Peralatan
  • Kandang karantina (lebih bagus pake kontener kecil atau ember)
  •  Pasir zeolith
  • Bedak DORIS (beli di apotek harga 10 ribu)
  •  Minyak zaitun
  •  Tissue (lebih prefer tissue makan krn lebih maksimal menyerap minyak
Cara Mengobati Hamster
  1. Siapkan kandang karantina, isi dengan pasir dicampur dengan bedak doris, perbandingan dikira-kira aja. 
  2. Taruh minyak zaitun di lepek kecil, kurang lebih 1 sendok makan.
  3. Siapkan hamster yang akan di-treatment, tenangkan dulu di tangan kita.
  4. Olesi minyak ke seluruh badan hamster, dari belakang telinga ke bawah. Hindari bagian muka & jangan sampai masuk ke dalam telinga. 
  5. Beri perhatian khusus di area lipatan & sela-sela (belakang telinga, kaki) serta bagian pantat si hamster karena biasanya disanalah para kutu bersemayam. 
  6. Jangan lupa bagian perut & area sekitar kelamin juga diolesi, diolesi rata
  7. Setelah hamster basah kuyup dengan minyak, ambil tissue dan keringkan hamster tapi jangan terlalu kering agar minyak bekerja sempurna membasmi kutu.
  8.  Masukkan hamster yang setengah kering tadi ke dalam kandang karantina berisi pasir & bedak.
  9. Pindahkan kandang ke tempat lain sementara kandang & kamar hamster dibersihkan, jangan lupa beri minum dan makan dalam wadah. 
  10.  Setelah 3 hari, biasanya bulu sudah mulai mengering. Cek lagi apakah masih ada kutu. Bila masih ada ulangi treatment dari awal. Bila sudah bersih dan hamster sudah jarang garuk2 lagi berarti hamster telah sembuh dan bisa dipindahkan ke kandang seperti biasa.

4. Semprotan Anti Tungau
Semprotan anti tungau atau kutu bisa anda temukan di petshop yang berfungsi menghindari dari kutu-kutu agar tidak menempel di tubuh hamster. Ikuti perintah dan info yang ada di kemasan anti tungau,agar hamster cepat sembuh dari kutu. Jangan sampai terkena mata,telinga atau hidung saat akan menyemprotkan anti tungau ini.


5. Konsultasi Ke Dokter Hewan
Bila anda sudah memandikan hamster dengan bersih dan juga sudah membersihkan kandang hamster dengan baik,serta treatment tapi hamster masih ada kutu. Kami sarankan untuk langsung konsultasi ke dokter hewan. Dokter pasti akan memberikan obat dan saran terbaik. 


Itulah sedikit informasi mengenai Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster yang bisa dijadikan referensi anda hari ini. Semoga bermanfaat dan terbantu,untuk membuat hamster sehat memang perawatan perawatan perlu kita perhatikan. Terutama kutu yang membuat hamster gatal. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Post a Comment