Ciri Ciri Hamster Hamil Yang Perlu Diketahui - Hamster yang merupakan hewan yang mudah dibudidayakan ini perlu kita ketahui secara detail tentang ciri-ciri kehamilannya. Sebab,bila hamster betina sedang hamil perlu kita pisahkan dengan yang jantan. Terutama saat akan lahir,bila tidak dipisahkan dengan induk. Biasanya bayi hamster akan terinjak atau dimakan sang induk. Maka dari itu,kami sebagai penulis sekaligus memiliki hamster sengaja ingin membagikan tips dan trik dalam mengetahui tanda tanda hamster hamil.

Baca Juga : Daftar Makanan Aman Sehat Untuk Hamster


Tanda Tanda Hamster Hamil


1. Perut Yang Membesar
Bagi sebagian orang tidak mengetahui bahwa hamster sedang hamil,karena perut yang membesar pada hewan betina terkadang tidak terlihat. Bila anda menjadikan hamster jantan dan betina menjadi satu,beberapa bulan kemudian hamster betina gendut,anda wajib mencari tahu apakah ia hamil atau hanya gemuk saja?

2. Peningkatan Nafsu Makan Dan Minum
Menurut penglihatan nafsu makan dan minum hamster betina akan meningkat. Hal ini disebabkan karena ia mencari nutrisi yang baik dan banyak untuk anaknya juga. Maka jangan heran,bila hamster betina tiba-tiba banyak makan dan minum.

3. Membuat Sarang Di Tempat Tidur
Tahu dengan burung yang membuat sarangnya untuk anaknya? hamster pun menyiapkan sarang terbaik untuk buah hatinya. Jangan kaget dan heran,bila tiba-tiba berubah untuk membuat sarang pada tempat tidur kandang hamster.

4. Over Protektif Dalam Melindungi Sarang
Hamster betina tidak akan segan melindungi sarangnya dari hamster jantan atau gangguan lainnya.Karena saat akan melahirkan,ia ingin anaknya lahir dengan selamat tanpa ada gangguan sama sekali.

5. Hamster Pasif Bergerak
Demi menjaga kandungannya ia akan lebih banyak diam. Tidak akan bermain roda putar,tidak banyak bergerak dan yang lainnya. Maka dari itu,anda tidak perlu takut bila ia sakit. Karena memang hamster akan banyak diam bila ia sedang hamil.

Tanda Tanda Lainnya

  • Hamster mungkin mendadak tampak lebih mudah tersinggung.
  • Dia menjadi lebih tertutup, gugup atau gelisah.
  • Dia menjadi lebih lambat atau lebih lesu.
  • Dia minum lebih banyak dan mulai menimbun makanannya.
  • Perutnya tampak bengkak.
  • Dia juga akan menjadi panik dan gelisah pada tahap akhir.

Sangat penting untuk menyadari bahwa perut bengkak juga dapat menjadi tanda penyakit.Mengawasi hamster untuk gejala lain. Pastikan dia berolahraga, makan dan minum secara normal.Perut bengkak biasanya terlihat selama usia kehamilan, setelah setidaknya 10 hari.Jika perut membesar berlangsung lebih lama dari 7-10 hari, dan dia tidak melahirkan, anda wajib segera membawa hamster anda ke dokter hewan.


Itulah beberapa Ciri Ciri Hamster Hamil yang perlu anda ketahui. Bagi anda para pemula sebaiknya terus mempelajari perawatan hamster dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi anda dalam merawat hamster. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Post a Comment